Jumlah Pengunjung Kami

View My Stats

Labels

Rabu, 19 Oktober 2011

Cara Membuat Kompos di Halaman

Cara Membuat Kompos di Halaman

Kompos atau humus adalah sisa-sisa mahluk hidup yang telah mengalami pelapukan, bentuknya sudah berubah seperti tanah dan tidak berbau. Kompos memiliki kandungan hara NPK ( Nitrogen Phosporus Potassium ) yang lengkap meskipun persentasenya kecil. Kompos juga mengandung senyawa-senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

Kompos ibarat multivitamin bagi tanah dan tanaman. Kompos memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah. Kompos akan mengembalikan kesuburan tanah. Tanah keras akan menjadi lebih gembur. Tanah miskin akan menjadi subur, tanah masam akan menjadi lebih netral.

Di lahan yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan sampah organik di kebun menjadi pupuk alami.

LANGKAH-LANGKAHNYA:



. Carilah posisi terendah di halaman Anda.

. Di posisi tersebut, gali lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1,5 m.

. Masukkan sampah organik berupa daun-daun atau sisa makanan ke dalam lubang tersebut ( masing-masing lubang menampung maksimal 1,7 kg sampah ). Lebih baik jika sampah tersebut dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

. Lubang ini harus senantiasa basah agar proses pembusukan lebih cepat. Jika sedang musim kemarau, siramlah lubang tersebut secara teratur.

. Dalam waktu sekitar 2 bulan, lubang tersebut sudah bisa menghasilkan kompos. Campurkan kompos tersebut dengan tanah, dan anda sudah siap menggunakannya sebagai media tanam.

Sumber:tabloidrumah/wk.

0 komentar:

Posting Komentar